Makanan Biar Tidur Nyenyak

10 Makanan Biar Tidur Nyenyak

Jalan-jalan tapi susah tidur, bukannya semangat malah jadi lesu. Jangan khawatir, setelah kamu baca artikel berikut, kamu jadi tahu apa yang seharusnya kamu konsumsi baik ketika traveling atau untuk sehari-hari agar mendapat kualitas tidur yang lebih baik.

Oatmeal

Mungkin ini menjadi pilihan sarapan banyak orang, tapi kamu sebaiknya sarapan oatmeal dengan segelas kopi agar kamu tidak terlihat letih.  “Biji-bijian di oatmeal memicu produksi insulin seperti halnya roti gandum,” kata Cynthia Pasquella, CNN, CHLC, CWC. “Mereka meningkatkan gula darah secara natural dan mengakibatkan kantuk. Oats juga kaya dengan melatonin, yaitu senyawa yang membuat tubuh terasa rileks dan membantumu tertidur lebih cepat.”

Almonds

Hanya dengan satu gengang almond dan kamu segara merasakan kantuk. Pasquella berkata almond mengandung tryptophan dan magnesium yang keduanya membantu secara natural mengurangi otot dan fungsi saraf serta menyeimbangkan irama jantung.

Madu

Gula mengandung glukosa yang memberitahukan otak untuk mematikan orexin – senyawa yang dikenal sebagai pemicu kesiagaan. “Hati-hati jangan sampai berlebihan,” Pasquella meperingatkan. “Satu sendok makan sudah cukup untuk tidur malam yang berkualitas.”

Nasi

Nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, jadi makan nasi secara signifikan akan memangkas waktu yang kamu butuhkan untuk tertidur, menurut sebuah penelitian di Australia. Beras jasmine khususnya membuat mata tertutup lebih cepat. Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang makan makanan yang mengandung beras jasmine tertidur lebih cepat daripada ketika mereka makan jenis beras lainnya.

Dark Chocolate

Jangan khawatir – kamu boleh mengkonsumsi cokelat di siang dan malam hari. Meskipun susu adalah stimulans, dark chocolate mengandung serotonin yang membuat tubuh dan pikiran rileks.

Pisang

Magnesium dan potassium di pisang berfungsi sebagai otot dan merilekskan saraf. Vitamin B6 yang ditemukan di buah-buahan mengubah trytophan menjadi serotonin yang membantu proses rileksasi.

Tuna

Ikan seperti tuna, halibut dan salmon kaya akan vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi melatonin dan serotonin. Makanan lainnya yang kaya akan B6 adalah bawang putih dan kacang pistachio.

Roti Gandum

Karbohidrat adalah teman terbaik dan musuh terburuk kamu. Karbohidrat sederhana seperti permen dan soda bagus untuk mendorong energi, kata Dr Oz Garcia, MS, PhD, karena mereka cepat dicerna. Karbohidrat seperti biji-bijian juga cenderung menurunkan kadar glukosa darah, tetapi setelah tingkat glukosa turun, maka dapat menyebabkan energi menurun. Inilah sebabnya mengapa karbohidrat bagus untuk work out, tapi tidak begitu bagus untuk makan siang.

Hummus

Jika kamu sering terbangun di tengah malam karena lapar, mengunyah hummus siang hari dapat menghentikannya. “Jika Anda bangun karena lapar di tengah malam, itu biasanya karena Anda tidak mendapatkan cukup kalori di siang hari,” kata Dudash. “Coba makan 3 menu kecil, ditambah dua makanan ringan jika diperlukan.”

Cherry

Selain enak untuk dimakan, buah cherry juga menyegarkan ketika di jadikan minuman. Teman terbaik jika kamu ingin tidur siang yang berkualitas. Baca juga 10 Minuman Agar Tidurmu Lebih Nyenyak

Selain itu masih banyak faktor lainnya yang bisa membuat tidurmu lebih nyenyak seperti lingkungan dan kebiasaan. Jadi mari hidup sehat agar kita tidak kecapean ketika traveling.

Sumber: goodhouskeeping.com

Baca juga 10 Makanan Biar Melek Tahan Kantuk

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.