Hal yang Harus Kamu Perhatikan Selama di Jerman

7 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Selama di Jerman (Part 2)

Melanjutkan artikel sebelumnya. Berikut 7 hal yang harus kamu perhatikan buat traveler yang ingin traveling ke Jerman.

Tepat Waktu

Orang jerman terkenal sebagai orang yang sangat tepat waktu. Sistem Kendaraan umumnya pun tepat waktu. Bus, Tram, dan kereta datang dan berangkat sesuai dengan jadwal yang bisa kamu lihat di website ini. Bagi yang biasa ngaret, jangan ngaret kalau bepergian dengan kereta. Jika kamu telat sedetik, pintu kereta tidak akan terbuka lagi dan kamu harus membeli tiket baru seharga 2-3 kali lipat harga tiket yang sudah kamu beli sebelumnya.

Tempat Sampah Berkatagori

Jagalah kebersihan! Kamu pastinya sering mendengar ini. Disini tidak hanya menjaga kebersihan namun juga menyortir sampah dalam kategori tertentu. Biasanya tempat sampah di jerman warna warni, Kuning untuk sampah berbahan plastik dan metal, biru untuk sampah kertas, hitam untuk sampah yang tidak bisa didaur ulang, cokelat untuk sampah bio. Untuk Botol kaca juga disortir, tong sampah putih untuk kaca bening, dan hijau untuk botol kaca berwarna selain bening.

Paket Tiket Transportasi Umum

Pernah denger Quer durch Land Ticket atau Schönes Wochenende Ticket? Pasti belum. Tiket ini sangat membantu bagi traveler yang traveling bareng keluarga atau bergrup untuk menghemat budget transportasi traveling di jerman. Tiket ini berlaku untuk bus, tram (S- & U-Bahn), kereta RE, RB dan IRE. Kamu bisa ke seluruh penjuru jerman dengan tiket ini. Untuk info lebih lanjut kamu tinggal klick tulisan biru diatas.

Jalur Lalu Lintas di Kanan

Kalau jalan raya di Indonesia menggunakan jalur kiri, di Jerman jalur kanan. Ini sangat penting bagi kamu yang mau menyewa mobil selama traveling disini. Jadi jangan sampai terbalik ya.

Koin untuk Keranjang Belanja

Salah satu ciri khas di jerman yang belum ada di Indonesia adalah menggunakan koin 50 cent, 1 Euro atau 2 Euro agar dapat menggunakan kereta belanja. Tapi jangan khawatir, setelah belanja uang tersebut akan kembali ke kamu. Jadi bagi yang ini berbelanja cukup banyak di superkarket disini jangan lupa sediakan uang koin tersebut.

Botol Berbayar

Kamu tau kenapa di Jerman jarang ada sampah botol plastik di jalan? Ini karena botol minum plastik di Jerman tidak gratis alias dideposito. Kalau mau beli minuman berbotol plastik atau gelas kamu juga harus membayar botolnya juga. Biasanya 1 botol plastik seharga 25 cent. Jadi kalau kamu punya banyak botol minum kosong, kamu bisa pergi ke mesin botol di supermarket. Struk dari mesin tersebut bisa kamu gunakan untuk belanja.

Merapihkan Tablet Setelah Makan

Normalnya jika kamu pergi ke Mcdonalds, Burger King atau rumah makan disini ada hal yang perlu kamu ingat. Setelah makan, kamu harus meletakan nampan berisikan alat makan ke laci khusus nampan kotor. Jadi jangan langsung meninggalkan meja setelah makan ya. Namun hal ini tidak berlaku jika kamu ke restaurant yang mahal.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.