Culture Shock di Jerman

7 Culture Shock di Jerman


B
eda Negara pastinya beda Kebudayaan dan peraturan. Ibarat pergi ke pesta, jangan sampai salah kostum. Dibawah ini kamu bisa mendapatkan spoiler perbedaan culture yang ada di jerman.

Jalur Kanan

Pernah lihat setir mobil di sebelah kiri? kalau iya, kemungkinan jalur kendaraan umumnya ada di sebelah kanan. Di Jerman menggunakan jalur sebelah kanan. Jadi siap-siap ya, jangan sampai kaget atau tiba-tiba takut akan di tabrak mobil dari depan mobilmu, jika kamu sedang berkendaraan di jalan yang sepi di jerman.

Tatap Mata saat Berkomunikasi

Di indonesia anak muda akan dibilang tidak sopan apabila menatap mata orang yang lebih tua saat berbicara. Hal ini sangatlah bertolak belakang dengan kebudayaan orang jerman. Disini orang akan menatap mata kamu selama berbicara tanpa melihat kiri, kanan, atas atau bawah. Eye contact adalah hal yang sangat penting apa bila kamu berkomunikasi dengan orang jerman, karena orang jerman percaya bahwa mata adalah jendela kepribadian setiap orang. Jadi kamu harus membiasakan diri dengan eye contact jika kamu berkunjung ke jerman.

Hari Minggu Supermarket Tutup

Liburan pastinya terasa tidak lengkap jika kamu cuman pergi ke tempat wisata untuk berfoto-foto. Berbelanja! yup benar! Tidak sama halnya dengan indonesia, jerman memiliki waktu jam buka toko dan pusat belanja yang lebih pendek yaitu dari jam 10 am sampai jam 10 pm pada hari kerja. Pada hari Sabtu sebagian tempat akan buka sampai pukul 4 sore atau 8 malam. Dan jangan lupa, Semua tempat perbelanjaan dan toko disini akan tutup pada hari minggu, kecuali restaurant.

Jadwal Batas Keributan

Dalam bermasyarakat pastinya terdapat peraturan yang dibuat agar setiap orang bisa hidup dengan nyaman satu sama lain, salah satunya adalah mengormati orang lain tanpa mengganggu. Orang Jerman sangat menghargai waktu istirahat yang medianya adalah ketenangan. Pada hari kerja, waktu tenang atau “Ruhezeiten” berlangsung dari jam 10 pm sampai 6 am. Untuk weekend kamu bisa menyetel musik hingga tengah malam atau sekitar jam 1 atau 3 pagi. Jika kamu melanggar waktu tenang dan tetangga merasa terganggu, maka polisi akan datang ke tempatmu.

Air Keran Bisa Diminum

Kalau di Indonesia air keran di dapur harus dimasak, disini air dikeran bisa diminum tanpa khawatir akan sakit perut.  Airnya pun tidak berasa lumut atau pipa plastik. Di jerman sendiri kualitas air keran sangatlah terjaga dan terkontrol melalui tes laboratorium berdasarkan standard  pemerintah dan departemen kesehatan jerman. Tapi jika kamu belum terbiasa minum air keran, kamu bisa membeli air botolan 500 ml – 2 Liter di supermarket terdekat. Tapi jangan lupa kalau beli minum disini kamu harus membayar deposit botol plastiknya, untuk info selanjutnya klik disini.

PDA dan Berjemur Tanpa Berbusana

PDA atau Public Display Affection (mengumbar kemesraan di depan umum) adalah sebuah hal yang lazim di jerman, sebagai contoh adalah ciuman yang lama. Tidak hanya itu, terutama pada saat musim panas orang jerman senang berjemur bahkan tanpa busana, tanpa merasa malu dan tanpa batasan usia (tua). Jadi jangan sampai ngomelin atau menasehati orang jerman untuk berpakaian saat berjemur dan menyuruh mereka untuk tidak PDA di public place, karena itu sudah sebagian dari culture di jerman.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.