Aturan Tak Tertulis Di Kereta Eropa - ICE

Aturan Tak Tertulis Di Kereta Eropa

Daripada kena tegur dan bikin malu, mending kita tahu lebih dulu. Setiap daerah pasti punya kultur dan norma yang berbeda. Misalnya berkendara kereta cepat jarak jauh seperti ICE milik Jerman atau TGV milik Perancis, ada saja aturan tidak tertulis yang seharusnya para traveler tahu dan mematuhinya.

Nelpon/ngobrol dengan suara lantang

Ada beberapa tanda seperti ini di dalam kereta. Boleh aja nelpon atau ngobrol. Tapi alangkah baiknya kita jaga volumenya, jangan sampai tetangga risih karna kesel dengerin bahasa yang mereka ga ngerti. Kan bete ya, orang pingin tidur, eh malah ada segerombolan turis yang berisik.

Duduk di kursi reservasi

Kalo kita masuk kereta terus lihat tempat duduk yang sudah kita pesan didudukin orang, tentu kita akan memintanya buat pindah. Nah daripada pindah-pindah kursi melulu, yang bikin orang dan kita sendiri ga nyaman, mending kita cari kursi kosong yang disana tidak ada tulisan reservasinya atau kita beli tiketnya sekalian mereservasi tempat duduk.

Makanan berbau

Makan dan minum di dalam kendaraan sih boleh aja. Tapi kalau baunya tak sedap dan mengganggu tetangga, ya jelas bikin tetangga jadi kesal dan bergumam. Tidur jadi susah malah jadi mabuk. Jadi kalau mau makan diusahakan makanannya tidak berbau dan jangan sampai mengotori tempat duduk.

Mengantri masuk kereta

Tertib dan teratur menjadi hal penting jika kamu berada di eropa. Terlihat dari cara mereka memasuki kereta ataupun bus. Penumpang yang mau naik, akan terlebih dahulu membiarkan penumpang yang mau turun untuk keluar. Setelah itu baru deh semuanya naik perlahan.

Barang bawaan

Namanya juga turis, terkadang oleh-olehnya luar biasa banyak. Sah-sah saja membawa barang banyak ke dalam kereta (biasanya tidak ada aturan yang membatasi). Tetapi jangan sampai barang yang dibawa menghalangi orang untuk lewat. Ada beberapa tempat di gerbong kereta yang sengaja disediakan untuk orang yang membawa bawaan yang banyak, kursi roda, sepeda ataupun kereta bayi. Biasanya di ujung depan atau belakang gerbong.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.