menghabiskan uang

Cara Terbaik Menghabiskan Uang Ketika Traveling

Banyak alasan orang untuk liburan. Salah satunya adalah untuk melepas penat dan bersenang-senang. Karena itu orang terkadang tidak sadar telah menghabiskan uang yang tidak sedikit ketika traveling. Backpacking menjadi salah satu solusi jitu agar bisa berhemat. Namun bukan berarti segalanya harus dihemat. Karena jika semuanya dibatasi, maka dimana letak kesenangan liburannya?

Maka dari itu, jangan terlalu pelit saat liburan, terutama jika memang menyenangkan dan tidak terlalu mahal. Pilihlah salah satu atau dua hal atau hiburan yang benar-benar mengesankan buatmu dan sangat ingin kamu lakukan walaupun itu mahal. Jadi bijaklah dalam menghabiskan uang.

Transportasi

Terkadang suatu kota di Eropa bisa kamu kelilingi hanya dengan berjalan kaki karena objek-objek wisatanya sangat berdekatan. Seperti Prague, Florence, Cologne, Krakow, dan lainnya. Jika tidak maka akan lebih murah dan nyaman buatmu untuk membeli day ticket, yang bisa dipakai bebas seharian dan menggunakan hampir semua transportasi dalam kota seperti bus, tram, metro dan kadang pula ferry kecil. Dan apabila kamu bergroup maka group day ticket akan lebih murah. Bahkan ada juga yang namanya week ticket atau month ticket yang pastinya lebih murah ketimbang beli satu persatu setiap kali jalan. Perlu diingat, terkadang day/week/month ticket ini tidak termasuk dari dan menuju airport.

Untuk transportasi jarak jauh ada 3 pilihan di Eropa yaitu pesawat, kereta dan bus. Untuk mendapatkan pesawat murah kamu bisa mengunjungi website skyscanner. Budget Airline yang bagus dan aman dan sudah pernah beberapa kali kami coba adalah Ryan Air dan Wizz Air. Bahkan kami pernah membeli tiket Ryan Air seharga 1 € dari Frankfurt (Jerman) ke Mallorca (Spanyol).

Penginapan yang Nyaman

Ketika liburan, tak ada salahnya kamu memanjakan diri di hotel yang nyaman. Karena biasanya traveling itu melelahkan. Saatnya kamu dimanjakan dengan fasilitas yang ada di hotel. Jadi kenapa tidak untuk mengeluarkan biaya lebih untuk semua fasilitas yang kamu dapat. Tetapi ingat tujuan kamu liburan. Jika kamu traveling ke Eropa, bersantai di hotel bukanlah tujuan sebenarnya, karena tentu kamu ingin keluar dan melihat semua hal di sekitarmu.

Jika sendirian dan berbudget minim, maka hostel adalah pilihan yang tepat. Terutama di Eropa, ada banyak hostel dengan harga sekitar 10 sampai 20 € permalam bahkan di kota besar yang bisa kamu pesan melalui website seperti www.booking.com. Hostel bukan hal yang buruk karena kamu bisa bertemu travel lainnya ketika duduk di ruang bersama atau dapur hostel di malam hari. Jangan malu untuk saling menyapa dan duduk di sebelahnya. Hostel yang baik biasanya menyediakan beberapa permainan dan kegiatan untuk pengunjungnya.

Akan tetapi jika kamu bersama pasangan tentu hostel bukanlah pilihan yang tepat. Kamu bisa coba gunakan airbnb (air bed n breakfast). Salah satu web atau komunitas yang menyediakan kamarnya untuk kamu sewa. Lebih murah dari hotel dan kamu bisa dapat teman baru yaitu sang pemilik kamar. Yang terakhir yang sama sekali tidak menghabiskan uang yaitu couchsurfing. Kami akan membahas pengalaman kami menggunakan couchsurfing di artikel selanjutnya.

Wisata Kuliner Sekali Sehari

Tidak lengkap rasanya traveling tanpa wisata kuliner daerah setempat. Biasanya ada beberapa kuliner yang dijual di daerah tempat traveling mulai dari kaki lima hingga restaurant. Terkadang kuliner tersebut tidak dapat kita temui di daerah lain atau kalaupun ada, tidak seotentik seperti daerah asalnya. Maka dari itu sangatlah tidak rugi jika kamu mencobanya.

Jika ingin harga yang lebih murah pilihlah street food yang letaknya sedikit jauh dari daerah wisata. Rasanya sama harga jauh berbeda. Kesan yang didapat pun berbeda, karena di tempat wisata kamu biasanya makan bareng turis seperti kamu juga. Tetapi lain halnya dengan daerah yang agak jauh dari tempat wisata. Disana kamu akan temui dan makan bareng warga lokal yang ramah. Banyak tips dari mereka yang gak bisa didapat di internet seperti makanan apa yang sering dimakan dan restaurant mana yang mereka bisa rekomendasikan.

Pengalaman menarik kami, kami pernah dibantu oleh warga lokal karena uang yang kami miliki kurang beberapa cent ketika membayar makanan yang kami pesan. Makanlah paling tidak 1 kali sehari makanan lokal di restaurant yang enak. Dan berhematlah di 2 jam makan lainnya dengan membeli makanan dari supermarket seperti roti dan salat.

Oleh-Oleh Bermakna

Oleh-oleh bisa menghabiskan uang yang sangat banyak jika kamu orang yang sangat menjaga gengsi, karena di Eropa ada banyak brand terkenal nan mahal. Oleh-oleh ga harus mahal, yang penting bermakna dan bisa membantu ingatanmu ketika traveling saat kamu melihatnya. Oleh-oleh juga ga boleh berat-berat, karena akan menyulitkanmu disaat traveling dan menambah biaya kelebihan bagasi ketika kamu pulang nanti. Di link ini kamu bisa temui aneka oleh-oleh yang bisa kamu dapat untuk koleksimu di rumah. Untuk oleh-oleh murah dan bermakna, kamu bisa memilih postcard, magnet atau juga cokelat.

Paket Tour vs Plan Sendiri

Paket tour di Eropa biasanya lebih mahal ketimbang menyusun sendiri rencana perjalanmu. Tapi perlu diingat, menyusun sendiri plan bisa memakan waktu dan energi yang banyak walaupun tidak lebih banyak menghabiskan uang ketimbang ikut paket tour. Ada banyak plus minus yang bisa didapat antara membeli paket tour atau merancang dan membookingnya sendiri. Baca artikel kami kedepan, karena kita akan membahasnya untuk kalian agar bisa menghemat dan mendapat info terbaik.

Aktivitas Gratis

Ada banyak aktivitas untuk para traveler di kota-kota besar di Eropa. Tapi perlu hati-hati, karena harga bisa jadi mahal, antrian bisa jadi membludak dan beberapa aktivitas bisa sangat melelahkan. Kami berikan saja beberapa aktivitas gratis yang biasanya ada di beberapa kota di eropa. Pertama, free walking tour yaitu jalan-jalan keliling kota yang pada dasarnya gratis ditemani oleh guide lokal. Kedua. hampir semua tempat wisata yang di ruang terbuka di Eropa itu gratis, tidak seperti di Indonesia yang ada biaya masuk atau biaya parkir 🙁 Bahkan ada beberapa museum gratis tanpa biaya masuk seperti Vatican Musem yang free admission di hari Minggu terkhir setiap bulan. Ketiga, nonton free concert atau attraction di tengah kota. Jangan salah, mereka bukan sekedar pengamen biasa karena mereka biasanya sangat mahir dan berbakat. Banyak musisi baru atau talent lainnya yang memang sengaja menunjukkan kemampuannya dalam hal promosi.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.