Taxi Di Eropa

Hati-Hati dengan Taxi Di Eropa

Taxi memang alat transportasi yang paling nyaman, mudah dan private. Tetapi jika kamu seorang turis, maka kamu perlu hati-hati dalam menggunakan jasa transportasi yang satu ini. Taxi di kota-kota wisata di Eropa terkenal dengan kecurangan-kecurangannya. Jangan sampai kamu tertipu dan uangmu habis gara-gara mereka. Contohnya saja di Prague, ada banyak traveler yang memiliki pengalaman buruk dengan taxi yang mereka bagikan di jejaring sosial. Bahkan warga lokalnya pun sengaja membuat video tentang kecurangan para supir taxi ini. Lihat video-video mereka di chanel Honest Guide.

Tidak hanya di Prague, kamu akan menjumpai supir-supir nakal ini di kota lain juga terutama di kota-kota terkenal seperti Paris, Brussel, Milan dan lainnya. Karena itu kami memiliki tips-tips berikut untuk kalian perhatikan.

Pilihlah Transportasi Umum

Kota besar di Eropa umumnya memiliki moda transportasi yang sangat baik, bagus dan nyaman. Bus, Tram, Subway, Metro dan Kereta antar kota terintegrasi satu sama lain dan mudah di check di satu apps ataupun website. Transportasi umum ini biasanya bisa menggapai ke semua penjuru kota, terutama di tempat-tempat wisata. Harganya beragam, dari tiket sekali jalan, tiket harian, tiket mingguan, tiket bulanan bahkan ada juga tiket tahunan. Misalnya saja tiket harian yang biasanya paling cocok buat para turis, cukup sekali beli maka kamu bisa menggunakan semua transportasi dalam kota tersebut selama seharian penuh tanpa batas pemakaian. Tentu ini sangat jauh lebih murah ketimbang taxi. Bahkan ada juga tiket harian group, yang biasanya bisa buat 5 orang dan tentu jika ditotal menjadi lebih murah dan menguntungkan.

Tiket ini bisa kamu beli di mesin-mesin tiket yang ada di setiap stasiun dan halte bus atau tram. Terkadang di dalam bus kota kamu juga bisa membelinya langsung dari supir bus tersebut. Sebagian negara juga memiliki layanan dimana kamu bisa membelinya secara online atau menggunakan aplikasi mereka. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi transportasi kota tersebut sebelum kamu pergi kesana. Dengan aplikasi ini kamu cukup memasukkan alamat dan secara otomatis kamu akan mendapatkan petunjuk mengenai waktu dan transportasi apa yang kamu perlukan untuk menuju alamat tersebut. Pada postingan selanjutnya kami akan membahas lengkap mengenai Transportasi umum serta aplikasinya di kota-kota terkenal di Eropa.

Taxi Online

Terkadang hanya ada bus (seperti bus Damri) dari dan ke bandara kota di Eropa. Misalnya saja di new Istanbul Airport atau di Berlin Tegel Airport. Maka Taxi adalah pilihan lain yang bisa dipilih jika kamu menginginkan kenyamanan dan kecepatan. Tapi jika tidak mau tertipu dengan supir nakal, kamu bisa menggunakan jasa taxi online yang mana disana sudah terpasang jelas berapa biaya yang akan kamu habiskan dan bisa dibayar online juga seperti menggunakan paypal dan sejenisnya. Akan tetapi biasanya taxi online ini tidak bisa kamu pesan di bandara, yang kamu perlu lakukan hanya keluar area bandara dan memesannya disana. Masalah lainnya adalah kamu memerlukan internet untuk dapat memesannya. Jadi persiapkan dulu internet di ponsel dan cari tahu darimana kamu bisa memesan taxi online. Untuk dari kota menuju bandara, maka hal ini tidak menjadi masalah. Karena kamu bisa memesannya menggunakan wifi hotel dan taxi ini boleh masuk ke bandara untuk menurunkan penumpang.

Taxi yang Terpercaya

Jika kamu benar-benar memerlukan taxi di Eropa maka cari tahu dulu perusahaan taxi mana yang terpacaya di kota tersebut. Tinggal google dan baca masukan atau tips dari orang lokal di website seperti tripadvisor. Bertanyalah kepada supir taxi sebelum menaikinya, seperti berapa perkiraan biaya yang akan dikeluarkan. Lihat dan perhatikan juga identitas supir yang biasanya dan seharusnya terpajang di dalam mobil di depan kursi penumpang depan.

Segera Hubungi Kepolisian Setempat

Jika kamu merasa tertipu, misalnya dibohongi mengenai harga, harga terlampau tinggi dari yang seharusnya, barangmu dibawa kabur atau bahkan kamu diturunkan di tempat antah berantah di tengah hutan. Jangan gunakan taxi jika kamu sendirian apalagi perempuan. Gunakanlah bus atau metro karena ini lebih baik daripada mengambil resiko menggunakan taxi di Eropa sebagai turis untuk pertama kali.

Sewa Mobil Sendiri

Nah jika kamu punya sim internasional dan kamu traveling berempat atau berlima, maka menyewa mobil adalah pilihan lain yang bisa diperhitungkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti perusahan mana yang terpercaya untuk menyewa mobil baik itu dari airport maupun di dalam kota. Tips dari kami Sixt, Europcar dan Avis adalah perusahan yang dapat dipercaya meskipun lebih mahal. Parkir di dalam kota juga perlu menjadi perhatian, karena di beberapa kota tempat parkir sangat terbatas dan mahal. Selain itu jika kamu baru pertama kali ke kota tersebut, maka gunakanlah transportasi umum saja agar lebih aman, tidak ditilang dan kamu memiliki pengalaman menggunakan transportasi umum di Eropa. Kami akan membahasnya panjang lebar di Artikel lain.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.