Tips Liburan Hemat ke Eropa ala Backpacker

Tips Liburan Murah ke Eropa ala Backpacker

Jika kalian mendengar kata ”Eropa”, kalian pasti terbayang akan keindahan arsitektur bangunan klasik dengan lingkungan yang bersih bahkan dengan salju disekitarnya. Yap kita tahu, liburan ke eropa itu tidaklah murah terutama bagi kalian yang low on budget. Tidak semua orang tahu, kalau liburan keliling eropa bisa murah loh, jika kalian mau berusaha.  Nah disini kita kasih kalian tipsnya.

Skyscanner

Ini adalah website untuk membandingkan tiket pesawat. Cara paling mudah buat mendapatkannya adalah dengan memilih tujuan “fleksibel” atau “any” dan tanggal keberangkatan dan kepulangan dengan metode “bulan” bukan tanggal.

pakai incognito tab, supaya harganya ga cepat naik
https://www.skyscanner.net/news/20-money-saving-travel-tips-and-secrets

Omio

Kalau skyscanner lebih ke mesin pencari tiket pesawat, kalo yang ini untuk bus dan kereta. Keliling eropa dengan bus adalah pilihan yang tepat. Harga tentu jauh lebih murah dan tidak ada biaya tambahan seperti jika kita menggunakan pesawat. Dengan pesawat kita perlu mengeluarkan biaya ekstra seperti pengeluaran untuk transportasi dari kota menuju bandara dan sebaliknya. Karena bus dan kereta biasanya berangkat dan tiba di tengah kota.
Selain itu untuk penerbangan jarak dekat, banyak budget airline di eropa yang memberikan tiket tanpa bagasi. Tentu ini akan manambah biaya jika kita membawa koper besar/bagasi. Kamu juga bisa memesan tiket bus malam. Berangkat malam dan sampai pagi, sehingga tidak ada biaya menginap untuk satu malam tersebut.

Airbnb atau Couchsurfing

Mungkin sudah banyak yang tahu mengenai AirBnB. Ini adalah situs booking tempat bermalam dari user-user privat atau bukan tempat usaha seperti hotel maupun hostel. Tetapi AirBnB di Eropa sangatlah berbeda dengan yang ada di Bali. Jika di Bali banyak terlihat AirBnB berjenis kosan maupun Villa, di Eropa penyedia AirBnB adalah warga biasa yang memiliki ruangan lebih di Flat atau Apartemen mereka. Jadi kamu bakal tinggal di rumah mereka, bersama mereka.

Mirip AirBnB, hanya saja Couchsurfing totally 100% gratis. Couchsurfing adalah komunitas traveler yang ingin membantu atau dibantu traveler lain dari seluruh dunia. Konsepnya simpel, numpang nginap dan mencari teman baru. Kamu hanya perlu mengisi biodatamu, semakin lengkap dan menarik semakin bagus agar host yakin dan memberimu tumpangan.

Free Walking Tour

Hampir semua kota di Eropa bisa kamu kelilingi hanya dengan berjalan kaki. Banyak tempat wisata yang jaraknya sangat berdekatan. Karena itu hampir setiap hari ada layanan free walking tour yang bisa kamu cari di google. Kamu hanya perlu datang di jam dan ke tempat yang sudah ditentukan. Cari orang yang memegang payung dengan tulisan free walking tour dan ikuti tournya. Dia akan mengajakmu ke tempat-tempat wisata terkenal disana dan menjelaskannya dalam bahasa inggris. Di akhir tour dia akan memintamu uang tips dan ini terserah kamu, mau ngasih atau tidak. Tetapi menurut kami sebaiknya kamu berikan mereka paling sedikit 3 € karena mereka perlu membayarnya ke komunitas dan tentu saja mereka perlu makan juga. Kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa yang cinta dengan kota mereka dan ingin berbagi pada para traveler. But it’s totally up to you

City Pass Card

Ini adalah kartu yang bisa kamu beli online maupun di kotanya langsung. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari kartu ini. Dengan kartu ini kamu bebas menggunakan transportasi umum di dalam kota, mulai dari bus, tram, kereta bawah tanah bahkan juga ferry kota tertentu. Selain itu biasanya dengan kartu ini kamu bisa free masuk beberapa museum. Ada juga diskon yang di dapat dari kartu ini jika mengunjungi beberapa restaurant yang berkerjasama dengan City Pass. Aturannya berbeda di setiap kota dan bisa jadi mahal juga. Kamu perlu membandingkan apakah membeli city pass card atau hanya perlu day tiket untuk transportasi saja. Jadi jangan ragu lagi, coba saja googling citiy pass kota tujuanmu.

SIM Internasional

Jika kamu berencana ke eropa dengan beberapa teman, dan kalian ingin berkeliling ke tempat-tempat yang tidak dijangkau oleh transportasi umum. Maka memiliki SIM Internasional adalah solusi yang tepat. Kamu bisa menyewa mobil yang harganya lumayan mirip seperti di Indonesia. Hanya saja ini akan menjadi murah jika kalian berlima agar bisa patungan untuk biaya sewa mobil dan bensin.

Akan tetapi perlu diperhatikan dimana kamu menyewa, jangan sampai tertipu perusahaan abal-abal. Salah satu penyewa yang terbaik adalah sixt dan europcar. Perhatikan juga bahwa biaya parkir di dalam kota lumayan mahal. Jangan asal berkendara dan baca buku petunjuk dan peraturan yang diberikan kepolisian Indonesia untuk SIM Internasional. SIM ini bisa kamu dapatkan di Korlantas Polri, Jakarta. Panduan SIM Internasional

Membuat Bekal

Membuat atau membawa bekal dari hotel sangatlah membantu dalam hal pengiritan pengeluaran ketika traveling. Kamu bisa membeli bahan-bahan makanan di supermarkt atau groceries terdekat dan memasaknya di hotel. Contoh makanan yang cepat dan murah yang bisa kamu buat adalah sandwich, pasta dan salat.

Bagasi

Membawa barang bawaan yang terlalu banyak bukan hanya akan menyusahkanmu tapi juga akan menambah biaya pengeluaran. Contoh misalnya kamu akan berada di satu kota hanya dalam satu hari, artinya tidak memerlukan penginapan, maka kamu perlu menitipkan barang-barangmu ke tempat penitipan ataupun locker. Semakin banyak barang, maka biaya pun semakin meningkat.

Menukar Mata Uang Asing

Tukarlah uangmu di Indonesia dan jangan pernah tukar uang di bandara dan hotel. Hati-hati terhadap tempat tukar uang yang nakal. Biasakan baca tulisan-tulisan yang ada di tempat penukaran sebelum kamu menukarkan uangmu.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.