Tips Membeli Cokelat di Eropa

Tips Membeli Cokelat di Eropa

Cokelat adalah oleh-oleh terbaik dan paling sering dibawa dari Eropa. Ada berbagai macam cokelat di Eropa. Mulai dari rasa yang berbeda hingga bentuknya yang unik. Tak jarang traveler dari Indonesia membelinya hinggal 5 kg untuk diberikan pada sanak saudara dan kerabat di Indonesia. Mereka pun sangat senang akan hadiah tersebut. Harga tidak menjadi masalah besar, karena cokelat di eropa sangat beragam. Mulai dari 30 cent atau sekitar 4.500 Rupiah perbatang hingga cokelat mewah yang mencapai 10 Euro juga ada. Untuk itu kami merangkum pengalaman kami agar para traveler mengetahui tips membeli cokelat di eropa serta tips membawanya hingga selamat sampai di Indonesia.
Lihat juga oleh-oleh dari Eropa lainnya

Halal atau Tidak

Berhati-hatilah! Jangan sampai cokelat yang kamu beli mengandung bahan-bahan yang tidak halal dimakan. Yang biasanya menjadikan cokelat itu tidak halal adalah alcohol. Ada beberapa cokelat yang memang sengaja dibuat mengandung alcohol. Jika kita membelinya di supermarket, sudah tentu ada bagian yang bertulisan bahwa cokelat tersebut mengandung alcohol. Periksalah kembali bagian belakang bungkus cokelat tersebut.
Jika kamu membelinya di toko, biasanya cokelat-cokelat tersebut belum dibungkus. Kamu bisa tanya langsung ke petugasnya cokelat mana yang tidak mengandung alcohol.

Manis vs Pahit

Tidak semua cokelat itu manis dan tidak semua orang suka cokelat manis. Bahkan di Eropa tidak sedikit orang yang lebih menyukai cokelat pahit ketimbang yang manis. Karena itu ada banyak produsen cokelat yang mengeluarkan produk cokelat pahit ini. Cokelat pahit ini memiliki takaran kakao yang lebih banyak dan susu yang lebih sedikit bahkan sama sekali tidak sehingga disebut cokelat hitam atau dark chocolate. Semakin tinggi takaran kakaonya semakin pahit rasanya. Jadi jangan sampai salah beli. Lihat persentase kakao di masing-masing produk. Tetapi merupakan pengalaman yang menarik jika kita pernah mencobanya. Silahkan mencoba 🙂

Mahal vs Murah

Harga memang menentukan kualitas suatu produk. Tetapi untuk cokelat yang harganya murah, rasanya tidak kalah enak dengan yang mahal. Hanya saja bentuknya yang biasa saja yaitu kotak atau batang. Untuk mendapatkan cokelat murah, kamu bisa mengunjungi supermarket terdekat. Untuk yang lebih mewah dan menarik kamu bisa mengunjungi toko-toko khusus cokelat yang membuat cokelatnya sendiri atau home made. Cokelat jenis ini sangat bagus jika kita berikan kepada orang yang special, karena rasanya yang enak, bentuknya yang menarik serta packaging-nya yang menawan.

Merek

Ada banyak produsen cokelat terkenal di Eropa. Rata-rata produk mereka bisa dijumpai di supermarket-supermarket terdekat di negara produsen tersebut berada. Jika tidak ada di suatu supermarket maka kamu perlu mencarinya di supermarket yang lain. Kecuali untuk cokelat mewah. Mereka hanya bisa dijumpai di toko dimana cokelat tersebut dibuat. Cokelat supermarket yang murah yang sering dibawa sebagai oleh-oleh adalah milka, merci, alpia dan ritter sport. Untuk harga menengah yang juga bisa dijumpai di supermarket adalah Lindt dan Ferrero.

Negara

Tidak usah khawatir, karena cokelat enak ada dimana-mana di Eropa. Yang terkenal contohnya adalah Perancis, Belgia, Swiss dan Jerman.

Penyimpanan di Koper

Jangan sampai sudah beli banyak tapi pas dibuka jadinya lembek dan berubah bentuk. Karena itu penyimpanan cokela di dalam koper harus sangat diperhatikan. Pertama cokelat tersebut sebaiknya diletakkan di dalam kardus sebelum dimasukkan ke dalam koper. Dan jangan sampai ada ruang kosong di dalam kardus itu sendiri. Jika ada, maka isilah kardus tersebut dengan kertas-kertas bekas. Setelah tiba di Indonesia, jangan biarkan bagasimu terlalu lama terkena sinar matahari dan jangan pula dibiarkan di dalam mobil yang panas (karena kelamaan parkir). Setibanya di rumah taruhlah cokelat tersebut di ruangan ber-AC dan jangan di dalam kulkas. Karena cokelat yang terbaik adalah cokelat yang mudah melting dan tidak keras.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.