Tempat Wisata di Istanbul, Turki

Top 7 Tempat Wisata di Istanbul, Turki

Salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi turis Indonesia dan mancanegara adalah Istanbul, Turki. Mengapa tidak? Istanbul adalah satu-satunya transcontinental city atau kota yang menghubungkan dan berada di 2 benua sekaligus. Karna itulah terdapat banyak tempat wisata dan hal menarik yang bisa dilakukan para traveler di kota cantik bernuansa klasik ini. Dari kultur, sejarah dan gastronomy yang tidak boleh kalian lewatkan ketika berkunjung. Berikut 7 Tempat wisata pilihan travel-mania.

Blue Mosque

Mengunjungi Sultan Ahmed Moasque atau yang biasa di kenal Blue Mosque (Masjid Biru) adalah suatu keharusan bagi para traveler yang berlibur ke Istanbul. Kenapa disebut Blue Mosqeu? Padahal exteriornya tidak tampak biru sedikitpun. Kalian akan sadar ketika memasuki Masjid dan melihat ubin birunya yang mengelilingi tembok-tembok interior bangunan masjid. Blue Mosque dibangun Sultan Ahmed I untuk tempat beribadah kaum muslim sekaligus untuk menyaingi Hagia Sophia. Desain kubah yang berbeda dan megah juga menjadi daya tarik sendiri. Selain itu Masjid ini memiliki 6 menara (seperti Masjidil Haram di Mekah) dimana pada kebanyakan masjid lain hanya memiliki 1 sampai 4 menara. Saat musim panas jam 9 malam para pengunjung bisa menikmati historical narrative dan light show dengan bahasa Turki, Inggris, Jerman dan Prancis.
Selain menjadi tempat wisata, masjid ini juga masih aktif sebagai tempat ibadah kaum muslim. Jadi saat sholat 5 waktu dikumandangkan masjid ini ditutup selama 30 menit untuk para wisatawan. Berseberangan dengan Hagia Sophia dan dekat dengan Hippodrome.
Jangan lupa mengenakan pakaian yang sopan dan tolak tawaran orang-orang yang menawari jasa agar bisa masuk lebih cepat tanpa mengantri. Karena pada akhirnya mereka akan memintamu membeli sesuatu dan mengajakmu ke tempat perbelanjaan.
Alamat: At Meydanı No:7, 34122 Fatih/İstanbul, Turkey
Website: www.sultanahmetcamii.org
Tiket: gratis

Hagia Sophia

Hagia Sophia atau Ayasofya 537 SM dulunya adalah Gereja Greek Orthodox oleh Emperor Justinian I yang menjajahi Konstatinopel atau sekarang disebut Istanbul. Kemudian berubah fungsi menjadi masjid. Sekarang Hagia Sophia adalah sebuah museum yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Dalam bahasa latin Hagia Sophia berarti Holy Wisdom.
Hagia Sophia merupakan satu-satunya bangunan yang pada suatu zaman merupakan katedral termegah dan Masjid terbesar di dunia.
Alamat: Sultanahmet Mh., Ayasofya Meydanı, Fatih/İstanbul, Turkey
Website:
www.ayasofyamuzesi.gov.tr/en
Tiket:
40 TL

Hippodrome Square

Hippodrome dahulu dibangun untuk arena pacuan kuda berkapasitas 100.000 orang oleh bangsa romawi dan merupakan pusat kegiatan sosial dan olahraga selama lebih dari 1.000 tahun di Konstantinopel, ibukota kekaisaran Bizantium. Disini terdapat banyak monumen spektakuler yang menunjukkan betapa megahnya area tersebut seperti The Serpent Column, The Obelisk of Thutmose III, The Walled Obelisk, The Statues of Porphyrios dan the Spina
Alamat: Atmeydanı Caddesi
Website: –
Tiket:
gratis

Grand Bazaar

Grand Bazaar adalah salah satu pasar tertutup terbesar dan tertua di dunia. Grand Bazaar memiliki situs paling menarik İstanbul dengan lebih dari 58 jalan-jalan tertutup dan lebih dari 1.200 toko. Grand Bazaar terkenal untuk toko-toko perhiasan, tembikar, rempah-rempah, dan karpet nya. Bazaar tersebut dikelompokkan berdasarkan jenis barang, dengan daerah khusus untuk jaket kulit, stills tembaga, tasbih, perhiasan perak dan emas.
Alamat: Beyazıt Mh., İstanbul, Turkey
Website:
www.kapalicarsi.com.tr/tr/
Tiket:
gratis

Topkapi Palace

Topkapi Palace – World Heritage Site
Istana ini dulunya digunakan untuk acara-acara negara dan hiburan kerajaan. Di dalamnya terdapat peninggalan yang paling suci di dunia Muslim seperti jubah dan pedang Nabi Muhammad SAW.
Topkapi Palace menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1985, sebagai “contoh ansambel istana terbaik” dari periode Ottoman.
Alamat: Fatih/İstanbul, Turkey
Website: 
www.topkapisarayi.gov.tr/en/
Tiket:
40 TL

Basilica Cistern

Aktraksi romantis yang tak terduga, de Basilica Cistern, menawarkan wawasan ke dalam sistem yang rumit yang pernah membawa air minum ke Istanbul dari Thrace (di daerah Balkan selatan-timur saat ini merupakan negara Turki dan daratan Eropa, dan sepotong Bulgaria ). Dibangun pada abad keenam dan kemudian dilupakan selama berabad-abad. Sekarang tangki yang pernah menjadi tempat menyimpan air telah dilengkapi dengan lampu dan musik. Ikan berkepak-kepak di sekitar dasar yang menambah suasana romantis di dalam bangunan bawah tanag yang sunyi. Jangan lewatkan kepala terbalik dari Medusa di sisi lain istana tersebut.
Alamat: Alemdar Mh., Yerebatan Cd. 1/3, 34410 Fatih/İstanbul, Türkei
Website: www.yerebatan.com
Tiket: 
20 TL

Ortaköy Seaside

Terletak di tepi pantai, Ortaköy adalah tempat yang menarik bagi wisatawan dengan galeri seni, klub malam, kafe, bar, dan restoran. Dalam sejarah, Ortaköy memiliki tempat yang penting dalam kedua periode Bizantium dan Ottoman. Seperempat kosmopolitan dihuni oleh masyarakat dengan agama yang berbeda seperti Muslim, Yahudi, Yunani dan Armenia.
Dari Ortaköy kamu dapat berjalan ke Bridge Bosphorus dan perairan Bosphorus, dalam waktu yang sama.
Alamat: Ortaköy Seaside
Website: –
Tiket:
gratis

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published.